Cari

Senin, 27 Juni 2011

“Be Saved or sacrificed” - makrab game untuk bermain bersama teman-teman

ini adalah games untuk dimainkan pada acara bersama teman-teman, seperti contohnya MAKRAB (malam keakraban) KELAS. biar jadi akrab gitu deh.. games ini dimainkan di dunia nyata.
“Be Saved or sacrificed”
Ini adalah game yang simple, Jadi intinya, pada setiap ronde, kita harus memilih satu teman kita untuk diselamatkan dan satu teman kita yang lain untuk dikorbankan. Kita cuma bisa memilih mereka sekali saja dalam permainan ini. Kita juga tidak bisa memilih diri kita sendiri. Jadi bagaimana caranya agar kita diselamatkan?? That’s the game. Bila kita dikorbankan dalam suatu ronde, kita memang tidak bisa menyelamatkan atau mengorbankan orang lain, tapi kita bisa diselamatkan orang lain. Kan kita juga kalau kasian ngeliat temen yang dikorbankan bisa aja kita selamatkan. Soalnya, orang-orang yang menjadi korban di akhir permainan ini akan mendapatkan hukuman!! Sementara pemenangnya adalah orang yang banyak diselamatkan.
Bagaimana caranya? bikin kayak voting pemilu aja, silakan pikir dan kreasikan caranya sendiri, atau anda boleh juga mendownload aturan yang saya buat di sini:
nah, kan votingnya beberapa ronde, jadi, di sela-sela ronde bisa disisipi semacam minigame. dari mini game ini juga bisa dibuat berpengaruh pada votingnya (misalnya yang menang dapet extra vote), atur-atur sendiri lah caranya, atau mau ngasih hadiah tersendiri juga boleh..
berikut contoh-contoh mini game untuk makrab:
Quiz:
boleh sih berisi pertanyaan pengetahuan umum atau apapun seperti quiz biasa, tapi biar seru, mendingnan quiznya yang aneh aja, pertanyaannya itu seputar kita-kita yang ikutan makrab. misalnya "berapa orang yang IP nya 3?"
Berhitung
duh, namanya apa ya, lupa, jadi semua pemain itu ngumpul melingkar gitu, terus mulai berhitung dari satu, nah, tiap ada angka 3, 6, dan 9, jangan sebutin angka itu tapi ganti dengan kata lain misalnya pipup. yang salah dieliminasi. aturannya juga boleh diganti misalnya diganti jadi pipupnya tiap kelipatan sekian dan ada angka sekian.
Menggambar Estafet
Bikin beberapa kelompok, satu kelompoknya misalnya 6 orang. cara mainnya, kelompok itu baris seperti main komunikata. orang pertama melihat tulisan dari panitia yangmana tulisan itu harus ia gambar. nanti dia ngasih liat gambarannya ke orang ke dua, terus orang kedua itu menggambarnya dan setelah selesai menggambarnya orang kedua itu ngasih liat gambarannya ke orang ketiga, begitu terus ampe orang terakhir, nanti orang terakhir nebak itu gambar apa. nah, waktu dari mulai orang pertama menggambar sampai orang terakhir nebak itu dihitung. kalo tebakannya bener, dan kelompok itu yang tercepat dari kelompok lain yang tebakannya bener juga, menang!
dan lain lain, masih banyak game yang bisa anda buat (atau games yang memang sudah pernah ada), gunakan kreatifitas anda...
yang merah ini sebaiknya jangan ampe dibaca oleh peserta. - kalau semuanya kerja sama dan saling percaya, bisa jadi tidak ada satu orang pun yang dikorbankan, artinya semuanya menang (poin terbesar = 0) , wow... betapa kompaknya... -tapi bisa juga loh malah jadi ngegrup gitu, kepisah jadi kelompok-kelompok kecil untuk saling menyelamatkan temen sekelompok dan mengorbankan orang lain, entah lah bakal gimana, liat aja ntar saat prakteknya, hehe -maka dari itulah dibilang“Manfaatkan waktu bebas sebaik mungkin.”, selain bisa dipake buat mikirin strategi, waktu bebas itu juga diharapkan bisa mengakrabkan, makanya suruh bawa makanan, biar dibagi-bagi.. xD
document preview: (without images)
Cara bermain:

Persiapan:
· Panitia ikut bermain.
· Siapkan kertas “Daftar Pemain” dengan format seperti ini.
Text Box:  Daftar Pemain  No Nama Peserta Ronde1 Ronde2 Ronde3 Ronde4 Ronde5   + - Poin + - Poin + - Poin + - Poin + - Poin 1 <nama peserta #1>                2 <nama peserta #2>                3 <nama peserta #3>                4 <nama peserta #4>                5 <nama peserta #5>                6 <nama peserta #6>                dst … dst …
· Siapkan Amplop Sebanyak jumlah peserta
· Setiap amplop tersebut berisi kertas-kertas yang bertuliskan nomor, dari 1 sampai sejumlah peserta
Text Box: 1Text Box: 2Text Box: 3Text Box: 4Text Box: 5Text Box: 6Text Box: dst
· Siapkan dua kotak voting, yang satu diberi label “Selamatkan” yang satu lagi diberi label “Korbankan”
· Panitia harus mengerti cara bermain dari permainan ini dengan baik. Permainan ini juga dapat dimodifikasi oleh panitia.
· Siapkan hadiah. Jumlah peserta yang menang sama dengan jumlah hadiah yang disiapkan. (hadiah adalah untuk top winners)
· Siapkan sejumlah hukuman. Bentuk dan cara mendapatkan hukuman terserah pada panitia.
· Peserta boleh membawa makanan / minuman.
Mulai bermain
· Setiap peserta diberi masing-masing 1 amplop.
· Setiap peserta melihat “Daftar Pemain” dan mengetahui nomornya masing-masing.
· Setiap peserta mengeluarkan kertas yang bertuliskan nomornya dari amplop yang ia miliki dan mengumpulkannya kepada panitia. Panitia mengkonfirmasi kebenaran kertas yang dikumpulkan. Kertas tersebut tidak akan dipakai.
· Peserta diberi tahu aturan mainnya oleh panitia, setelah dimengerti, permainan dapat dimulai.
Aturan main
1. Voting dan penghitungan
· Pada waktu yang ditentukan, peserta harus berbaris untuk melakukan voting.
· Pada saat voting, peserta harus memasukan 1 kertas pada kotak selamatkan dan 1 kertas pada kotak korbankan. Kertas boleh digulung/dilipat agar tidak keliatan. Peserta berikutnya mengawasi agar peserta yang melakukan voting benar-benar melakukannya. Semua peserta yang tidak memiliki poin negatif harus melakukan voting.
· Setelah voting selesai, lakukan penghitungan.
· Pada saat penghitungan suara, pertama-tama panitia membuka kotak Korbankan. Panitia memberikan satu hitungan suara pada kolom “-“(minus) bagi setiap peserta yang bernomor sama dengan yang tertera pada setiap kertas.
· Kemudian panitia membuka kotak Selamatkan. Panitia memberikan satu hitungan suara pada kolom “+“(plus) bagi setiap peserta yang bernomor sama dengan yang tertera pada setiap kertas.
· Kertas yang sudah dihitung tidak digunakan kembali.
· Panitia menghitung point yang didapatkan setiap peserta dengan cara point dari ronde sebelumnya ditambah jumlah [ +] dikurangi jumlah [ - ], dan tuliskan hasilnya pada kolom “Poin”. Untuk ronde 1, point dari ronde sebelumnya adalah nol (0).
2. Permainan
· Pada setiap ronde, pertama-tama peserta diberi waktu bebas selama 10 menit. Setelah waktu habis, lakukan voting.
· Peserta yang memiliki poin negatif tidak boleh melakukan voting.
· pada waktu bebas, peserta boleh mengobrol, makan, minum, bermain, bertukar amplop, dan sebagainya.
· Tidak boleh melakukan kekerasan.
· Setiap peserta yang ingin melihat daftar peserta harus dapat melihatnya.
3. Akhir Permainan
· Peserta-peserta yang memiliki poin terbanyak setelah selesai ronde 5 adalah pemenang, dan mereka mendapatkan hadiah yang sudah ditetapkan oleh panitia.
· Peserta-peserta yang memiliki poin negatif setelah selesai ronde 5 mendapatkan hukuman yang sudah ditetapkan oleh panitia.
4. Tentang Game ini
· Jadi intinya, pada setiap ronde, kita harus memilih satu teman kita untuk diselamatkan dan satu teman kita yang lain untuk dikorbankan. Kita cuma bisa memilih mereka sekali saja dalam permainan ini. Kita juga tidak bisa memilih diri kita sendiri. Jadi bagaimana caranya agar kita diselamatkan??? That’s the game.
· Bila kita dikorbankan (memiliki nilai negatif) dalam suatu ronde, kita memang tidak bisa menyelamatkan atau mengorbankan orang lain (gak bisa ikut voting), tapi kita bisa diselamatkan orang lain. Kan kita juga kalau kasian ngeliat temen yang dikorbankan bisa aja kita selamatkan. Soalnya, orang-orang yang dikorbankan di permainan ini (memiliki nilai akhir negatif) akan mendapatkan hukuman!!
· Manfaatkan waktu bebas sebaik mungkin.
Let’s play and good luck!!!
***

Sekedar catatan buat panitia, peserta ga usah tau, kalau doc ini mo diprint, ya hapus aja dulu ini nya.
- tentang banyaknya ronde. Setiap ronde, peserta harus memasukkan dua kertas, atau sebut saja mengurangi dua kertas dari amplopnya. Dan diawal permainan, satu kertas dari masing-masing amplop telah dibuang.
Maka banyaknya ronde harus kurang dari ( jumlah peserta - 1 ) / 2 .
-kenapa, pada saat penghitungan, kotak korbankan dulu yang dibuka? Itu biar seru, hehehe *pikir sendiri :p
- Amplop dan kertas-kertasnya bisa dipakai lagi untuk testimoni, kan jumlah amplopnya sesuai, jumlah kertasnya juga (makanya jangan dibuang dulu,wkwk), ntar tiap orang dapet kesan pesan dari semua temennya deh di amplopnya masing masing, atur atur sendiri lah caranya ;)
- kotak suara juga bisa jadi celengan, wkwkw :p
- diharapkan game ini bisa mengakrabkan, silakan modifikasi sebaik mungkin
- kalau semuanya kerja sama dan saling percaya, bisa jadi tidak ada satu orang pun yang dikorbankan, artinya semuanya menang (poin terbesar = 0) , wow... betapa kompaknya... tapi, ssstt, karena anda udah tau, jadi jangan bilang-bilang... xD
-tapi bisa juga loh malah jadi ngegrup gitu, kepisah jadi kelompok-kelompok kecil untuk saling menyelamatkan temen sekelompok dan mengorbankan orang lain, entah lah bakal gimana, liat aja ntar saat prakteknya, hehe
-maka dari itulah dibilang“Manfaatkan waktu bebas sebaik mungkin.”, selain bisa dipake buat mikirin strategi, waktu bebas itu juga diharapkan bisa mengakrabkan, makanya suruh bawa makanan, biar dibagi-bagi.. xD
-kalo bisa, kasih hikmah dari game ini ke temen-temen
-sekian dan terima kasih
-ada yang mau ditanyakan? Hubungi orang yang memberikan copy-an document ini xD
-Inspirasi: Liar Game – a comic by Shinobu Kaitani


Tidak ada komentar:

Populer minggu ini